Nonton Kontes Ayam Shamo Hias, Bisa Dapat Motor?

Selasa, 12 Jul 2022 | 19:38 Wib Mitrapos Redaksi

MITRAPOS | BEKASI – Ayam hias menunjukan tren perkembangan positif dalam beberapa waktu kebelakang. Maka dari itu, Komunitas Pencinta Ayam Shamo Indonesia (KOPASI) akan menggelar Kontes Ayam Shamo Hias, untuk pertama kalinya di Kythavin Bird Farm, Jl. Raya Keranggan, Jati Ranggon, Jatisampurna, Kota Bekasi, pada Minggu (17/07/2022) nanti.

Kontes tersebut khusus untuk ayam hias jenis shamo, dengan kategori Umum (Ayam dewasa) dan Paud (Ayam usia maksimal 6 bulan). Hadiah yang ditawarkan juga bervariasi dari mulai TV LG 42″ hingga Smartphone.



Humas KOPASI, Bima Harimbawa mengatakan, tidak hanya peserta kontes yang mendapatkan hadiah, namun untuk pengunjung yang hadir juga akan berkesempatan mendapatkan hadiah doorprize yang akan diundi nantinya. Tidak main-main, 1 unit sepeda motor dipersiapkan untuk doorprize utamanya.

“Jadi nantinya kita siapkan kupon untuk pengunjung, dengan harga Rp25 ribu pertiketnya, bisa dapet 1 motor, TV, handphone, sampai jam G-Shock. Tapi maksimal 1 pengunjung cuma bisa beli 5 tiket aja,” ujar Bima pada mitrapos.com, Selasa (12/07/2022).

Dikatakan oleh Bima, untuk jumlah peserta hanya dibatasi sampai 50 peserta saja, dan sampai saat ini sudah sekitar 40 lebih peserta yang mendaftar. Selain itu, Kontes Ayam Hias Shamo ini akan dinilai dari kepala, jengger, paruh, sayap, bulu, bentuk badan, kaki dan ekor dan dinilai dari bobot proporsionalnya.

“Tujuan kami mengadakan kontes ini untuk memperkenalkan kepada masyarakat bahwa ayam shamo juga ada yang untuk hias, “ Jelasnya yang juga mengatakan dari 9 jenis ayam shamo, yang diperlombakan spesifik untuk jenis hias.

Kontes dengan biaya hampir Rp80 juta lebih ini, sebelumnya pernah diadakan di Jogjakarta dan Bandung, sedangkan untuk di Bekasi adalah Kontes yang ke-4. Namun diharapkan dapat menjangkau minat masyarakat banyak dan juga mengedukasi pengunjung yang hadir.

“Semoga dengan adanya acara kontes ini, komunitas lain akan lebih mengenal lagi tentang potensi ayam hias shamo ini, baik dari postur maupun secara keseluruhan” pungkasnya.

Perlu diketahui, Ayam shamo adalah salah satu jenis ayam yang biasa di adu dan berasal dari Jepang. Fisik ayam shamo memang hampir mirip dengan bentuk ayam bangkok yang tegap dan tulangnya besar.

Ayam ini berasal dari keturunan ayam bangkok, arti kata shamo adalah siam. Pertama kali terdapat pedagang jepang yang berlayar ke Siam dan membawa ayam adu. Kemudian ayam Jepang dan ayam bangkok ini dikawinkan sehingga menghasilkan ayam shamo.

(Pandu-Mitrapos)