Melalui Pohon Literasi, SD Ananda Bekasi Budayakan Membaca

Kamis, 23 Feb 2023 | 16:37 Wib Mitrapos Redaksi

MITRAPOS | BEKASI – Melalui Pohon Literasi yang sudah dijalankan sejak tahun 2016 silam, SD Ananda Bekasi membudayakan literasi bagi anak didiknya.

Kepala SD Ananda Bekasi, Bayu Artadri menjelaskan, Pohon Literasi yang disediakan di setiap ruang kelas, menjadi sebuah pembiasaan bagi murid di sekolahnya, untuk menumbuhkan kebiasaan serta kecintaan akan membaca.

“Jadi, para murid membaca buku cerita yang disesuaikan dengan tingkatan usianya, lalu setelah selesai membaca, mereka mereview kembali buku cerita tersebut dihadapan teman-temannya serta guru,” ujar Bayu, Kamis (23/2/2023).

Setelah itu, kata Bayu, murid yang sudah mereview buku cerita tersebut, menempelkan secarik kertas di Pohon Literasi sebagai tanda ia sudah melakukan literasi.

“Nanti para murid yang sudah mereview, mereka akan menempelkan secarik kertas lengkap dengan judul buku ceritanya di pohon tersebut,” jelasnya.

Dikatakan, selain untuk membudayakan membaca, juga sebagai pengimplementasian dari kurikulum merdeka belajar, dan untuk mewujudkan hal tersebut, sekolah telah menyiapkan sarananya, sehingga nantinya akan ada evaluasi dan tindak lanjut dari program tersebut.

“Kami berharap, melalui kegiatan tersebut, para siswa bisa jauh lebih aktif dalam menyerap pembelajaran yang diberikan oleh guru di lingkungan sekolah serta terbentuknya budaya membaca,” tutup Bayu.

(Pandu-Mitrapos)