Launching Gagah Bencana Telah Terlaksana

Kamis, 17 Mar 2022 | 09:45 Wib Mitrapos Redaksi

MITRAPOS | BEKASI – Wiwiek Hargono, Plt Ketua TP PKK (Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) Kota Bekasi, hadiri launching Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana (Gagah Bencana) tingkat provinsi Jawa Barat 2022 secara hybrid di Gedung TP PKK Provinsi Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Senin (14/3/2022).

Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat, Atalia Praratya Kamil merasa senang dengan hadirnya para ketua maupun perwakilan dari TP PKK di berbagai daerah Jawa barat. Ia mengatakan, masalah di Jabar cukup banyak mulai dari kejadian bencana alam dan banyaknya musibah sehari-hari.

“Apalagi kalau kaitannya dengan perempuan mulai dari masalah perceraian, kekerasan dalam rumah tangga, stunting, dan masih banyak lagi,” ujar Atalia yang juga mengatakan dalam Gagah Bencana ini akan banyak strategi dilakukan yang terbagi dalam 9 pilot project.

Ditempat yang sama, Wiwiek Hargono selaku Plt Ketua TP PKK Kota Bekasi mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan positif yang diadakan oleh TP PKK Provinsi Jabar dalam kegiatan ini karena banyak edukasi yang bisa dipelajari oleh para kader di tiap daerah.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, banyak informasi, pembelajaran serta edukasi berbasis teknologi yang sedang banyak diminati dan ini dapat kita pelajari serta diteruskan kepada para kader TP PKK, tanpa sadar masyarakat belajar sangat cepat dan senang,” jelas Wiwiek kepada awak media.

Menurutnya, TP PKK dapat bersinergi dengan pemerintah untuk bisa membantu memberikan solusi permasalahan di wilayah masing-masing. Ia juga mengatakan melalui Gagah Bencana yang berkolaborasi dengan stake holder mampu memberikan dampak positif untuk para perempuan.

“Di masa pandemi ini sangat dibutuhkan perempuan yang kuat, bukan hanya secara fisik namun juga mental serta sigap untuk tanggap menghadapi situasi. Terlebih peran Ibu rumah tangga amat dominan untuk kesehatan fisik serta mental keluarga, harus hadir dan memberikan dampak positif,” katanya.

Saat ini, tambah Wiwiek mengatakan dengan adanya era keterbukaan informasi dan kemajuan teknologi, diharapkan para kader TP PKK juga dapat memberikan informasi kegiatan positif dan memiliki nilai manfaat karena keluarga menjadi hal yang utama dalam mendapatkan edukasi.

“Saat ini untuk menyampaikan informasi dan bersosialisasi sangatlah terbuka, dibarengi dengan perkembangan teknologi serta banyak media sosial. Perempuan harus bisa terampil, kita sampaikan informasi kegiatan positif dan memiliki nilai manfaat bagi sesama,” pungkas Wiwiek.

Perlu diketahui, TP PKK Kota Bekasi yakni PKK Pokja (Kelompok Kerja) IV Kecamatan Bekasi Timur raih Juara 3 kategori ‘Likes Terbanyak’ dalam lomba foto dan video tiktok tingkat Jawa Barat yang bertujuan menggali kreatifitas.

(Pandu-Mitrapos)