Apa Keuntungan NIB? Ini Kata Kadin Kota Bekasi

Kamis, 16 Des 2021 | 01:36 Wib Mitrapos Redaksi

BEKASI – Pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) bisa memiliki nomor induk berusaha (NIB) sesuai bidang usaha masing-masing. Adapun keuntungan bagi pelaku UMKM yang memiliki NIB telah disampaikan oleh Ketua Kadin Kota Bekasi, HM Gunawan.

Dikatakan, pertama bahwa NIB memfasilitasi pelaku usaha untuk menyimpan data perizinan dalam satu identitas, dan kedua mendapatkan dokumen lain. Selain mendapatkan NIB, sambung Gunawan, pelaku usaha juga akan memperoleh berkas atau dokumen lain yang tentunya dibutuhkan, serta mendapatkan pendampingan untuk mengembangkan usaha.

Dan juga, masih Gunawan menuturkan, NIB juga memudahkan akses pembiayaan ke lembaga keuangan bank dan non-bank, dan juga memudahkan pemberdayaan dari pemerintah pusat, daerah, dan lembaga lain, yang secara otomatis juga memangkas waktu perizinan usaha, sehingga memperoleh kepastian dan perlindungan dalam berusaha di lokasi yang sudah ditetapkan.

“Hari ini kita berikan pelatihan pembuatan NIB melalui sistem online OSS dan juga memperkenalkan digitalisasi usaha melalui Sooltan Pay,” ungkap Gunawan, di Margajaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Rabu (15/12/2021).

Sementara itu, Ketua Olsamart Ira Diah Loka juga mengatakan terkait materi pelatihan dan manfaat aplikasi Sooltan Pay.

Menurutnya, aplikasi sooltan pay sangat bagus diikuti oleh pelaku usaha. Karena aplikasi ini bisa memberikan bermacam layanan jasa seperti token listrik dan pembayaran jenis apapun.

“Yang pasti pelatihan ini akan berkelanjutan. Dan juga sesuai target, pasaran UMKM di Kota Bekasi terus kita publikasikan dan promosikan melalui digital dan juga secara offline atau bazar,” tandasnya.

(PAD)