3 Tips Penting Dalam Investasi Properti

Selasa, 11 Jan 2022 | 22:33 Wib Mitrapos Redaksi

MITRAPOS | TIPS – Di tengah naik turunnya ekonomi Indonesia, sudah seharusnya kita mencari pemasukan tambahan melalui investasi yang aman dan terjamin. Dalam hal ini investasi properti adalah salah satunya jika sedang bicara jenis investasi yang tepat, stabil dan menguntungkan, terutama dalam jangka waktu yang panjang.

Tidak heran jika bisnis di bidang properti seperti hunian residensial, apartemen hingga ruko banyak dipilih karena tidak mudah tergerus oleh dampak inflasi dan kondisi lainnya.

Sebelum memutuskan untuk terjun ke dalamnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika anda tertarik untuk investasi di bidang properti. Selain untuk menghindari hal yang tak diinginkan, juga agar anda dapat mengatur proyeksi keuntungan yang bisa didapatkan dari investasi properti.

Berikut tips-tips yang mitrapos rangkum untuk anda,

1. Wajib Untuk Memilih Pengembang Yang Terpercaya.
Pengembang atau Developer adalah hal yang berhubungan penting dalam investasi properti. Reputasi baik, profesional, dan memiliki jam terbang tinggi dari sebuah pengembang akan menghasilkan proyek yang baik. Selain itu, cek setiap proyek yang telah mereka kembangkan, apakah setiap proyek tersebut memiliki reputasi baik dan menguntungkan atau tidak agar dapat menjadi pertimbangan. Jangan lupa juga untuk mengecek legalitas developer incaran sebelum memulai investasi properti karena banyaknya developer nakal yang beredar.

2. Cek Lokasi Properti Incaran.
Lokasi menjadi faktor penting yang dapat menentukan nilai investasi dari properti incaran anda. Contoh, properti yang dibangun di kota besar dengan lokasi yang strategis dengan berbagai sarana publik dan akses mudah akan memberikan nilai tambah pada properti. Ada banyak pengembang yang mengincar tempat strategis untuk membangun apartemen dengan konsep transit oriented development, mixed-use, atau superblok. Jadi, pastikan anda mendapatkan properti dengan lokasi yang strategis dan memiliki kemudahan akses di dalamnya.

3. Fasilitas Internal Dalam Hunian.
Perlu diingat bahwa fasilitas merupakan salah satu hal yang banyak dicari oleh para pemburu properti. Hunian yang baik turut mempertimbangkan fasilitas internal, mulai dari fasilitas keamanan, fasilitas olahraga seperti kolam renang atau jogging track hingga fasilitas lainnya seperti sauna, spa hingga clubhouse. Maka, ada baiknya unruk mencari tahu kelengkapan fasilitas yang ditawarkan oleh pengembang agar tidak salah dalam berinvestasi.

Sebelum melakukan investasi properti, jangan lupa untuk melakukan riset dan memperbanyak pengetahuan tentang properti agar terhindar dari kerugian yang tidak perlu dan mendapatkan keuntungan yang berlipat. Jadi, riset pada pengembang bisa menjadi langkah awal yang tepat jika ingin memulai investasi properti.

Setelah membaca tips diatas apakah anda semakin tertarik untuk berinvestasi di dunia properti?

(Pandu – Mitrapos)

Rekomendasi